Sabtu, 30 Oktober 2010

Manusia Vs komputer benneran shogi

Apa yang terjadi kalau komputer sudah bisa mengakali kepintaran manusia?


shogi jepang


Sebuah program komputer canggih akhirnya berhasil memukul kalah kepintaran strategi manusia dalam permainan shogi (atau biasa dikenal dengan catur Jepang) untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Kantor berita Mainichi melaporkan bahwa pemain shogi papan atas, Ichiyo Shimizu, baru saja ambil bagian dalam pertandingan yang diadakan di Universitas Tokyo, dengan bermain melawan komputer yang disebut Akara 2010. Enam jam dan 86 langkah selanjutnya, Ichiyo dipaksa menyerah.

Ini untuk pertama kalinya komputer berhasil mengalahkan pemain shogi profesional.

Komputer memang telah mengalahkan banyak orang di permainan catur barat selama bertahun-tahun, tapi ketika Deep Blue buatan IBM berhasil mengalahkan seorang Gary Kasparov pada tahun 1997, seluruh dunia tersentak kaget. Bayangkan saja kalau pecatur terhebat sepanjang masa bisa dikalahkan oleh sebuah komputer, gimana nasib kita??


jepang


Gak heran kalau kejadian itu disambut di beberapa kalangan sebagai hari dimana komputer sudah bisa menguasai manusia.

Lembaga tertinggi Jepang yang mengatur olahraga shogi, Japan Shogi Association, tampaknya sudah mulai keringetan karena sampe sekarang mereka belum rela mengizinkan pemain No.1 mereka untuk melawan Akara dalam sebuah pertandingan resmi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar