Rabu, 24 November 2010

Festival Koinobori 鯉幟

http://portal.unesco.org/en/files/27132/11146167565koinobori.gif/koinobori.gifhttp://www.mamalisa.com/images/blog/koinobori.jpghttp://3.bp.blogspot.com/_USzog_GOzyA/SefqxeuMARI/AAAAAAAAIG4/RDiVwFC_c7U/s400/kataoka2.jpghttp://danzinde.files.wordpress.com/2006/05/koinobori2.jpgKalo para gadis Jepang ada festival Hina Matsuri, maka pada tanggal 5 Mei ini, gantian para lelakinya yang merayakan hari Kodomo no Hi.


http://www.japanikuiku.com/wp-content/uploads/2009/06/koi-nobori3.jpg
Pada mulanya, perayaan ini dinamakan Tango No Sekku (端午の節句), semacam perayaan untuk menandai datangnya musim panas dan dirayakan di hari kelima di bulan kelima. Di jaman modern ini dikenal juga sebagai harinya anak laki-laki.
Nah di hari inilah para keluarga Jepang memasang bendera ikan koi satu untuk setiap laki-laki (baik ayah maupun anak), yang menurut legenda China; ikan koi bisa berubah menjadi naga yang bisa menerjang apapun (alias kuat) dan membawa keberuntungan.

Yang berwarna hitam dan berukuran paling besar untuk sang ayah, yang berwarna merah untuk anak tertua, dan yang berukuran kecil untuk anak lebih kecil.
ivanjaya.net
Di tahun 1948, pemerintah Jepang secara resmi menjadikan hari Kodomo no Hi sebagai hari libur nasional. Inilah yang membuat beberapa orang Jepang berpikir kenapa Hina Matsuri gak dijadikan hari libur nasional juga? Gak adil untuk para gadis kan?ivanjaya.netivanjaya.net gak adil yahh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar